Pertemuan 31/03/2007…terima kasih TANGHAK

Berikut ini adalah tulisan tanghak Boni Sukamto, saya posting ke-blog ini sesuai apa adanya, tanpa mengubah isi maupun setting tulisannya guna mempertahankan gaya dari teman kita yang satu ini <foto2 dari koleksi Cosmas Christanmas> – murli

 

Hallo TANGHAK,

Kita semua patus bersyukur bahwa pertemuan kemarin telah berjalan sesuai dengak lebih dari pada yang diharapkan dimana telah hadir 32 orang TANGHAK dan berlangsung 7 Jam di rumah Pak Ketua. Makanan yang tersedia juga begitu banyak itu karena partisipasi teman2 yang begitu berbaik hari. Itu juga kita bersyukur karena kasih Karunia Tuhan yang mengijinkan itu terjadi dalam diri kita, sehingga semuanya dipuaskan.

 

n_a3           n_a5

Saya datang tepat jam 11.00 pagi dan menjadi orang pertama yang hadir disitu dan teman lain 1/2 Jam kemudian menyusul Mulyani Ling dan menyusul KeHiok yang katanya sudah mendapatkan exit permit, ya ampuun jadi selama ini dia jarang muncul karena kesulitan ini, lain kali tolong diajak istrinya ikut kita karena istrinya juga berasal dari sana. Kemudian muncul A-Ngo yang sudah kebablasan menggunakan bahasa resmi, saya sudah beberapa kali ngingatkan apa sudah lupa sama kampung halaman.

Saya sangat menikmati putaran vcd tentang Seminar di SMA Santo Paulus oleh teman kita dan adik pak Ketua Anthony Dio Martin, ternyata penampilan dia sangat baik dan bicara 3 jam tanpa istirahat. Ya meskipun dia masih muda dibandingkan seniornya James Wee tapi sudah bisa tampil di radio PAS FM, kita berharap agar kariernya bisa menanjak terus untuk dimasa mendatang. Juga kita berterima kasih kepada Alie yang begitu baik hati untuk mendokumentasikan itu semua untuk kita. Terima kasih atas sentuhan jari2nya yang sangat professional, semoga kameramu bisa mendapat berkat baru, tambah canggih lagi.

n_a8           n_a7

Teman2 Pontianak meskipun tiba jam 9 pagi tetap menunggu di Bandara untuk menjemput Sansan dan Herlina yang datang dari Batam jam 11.00 jadi apa yang kta harapkan telah dilakukan oleh mereka, datang jauh2 dan bagaimana dengan yang di Jakarta masih bergumul dengan keluarga dan bisnis.

Saya sangat terkesan ternyata Tua Hia tetap memenuhi komitmennya untuk menunggu hari H nya meskipun telah beberapa hari di Lebih dari 1 minggu tidak pulang ke Pontianak. Ternyata dia tetap berjiwa besar. Juga untuk teman2 yang dari Pontianak seperti Sanawan, meskipun sibuk dan harus pulang Minggu pagi kembali ke Pontianak, wah begitu besar engkau mau berkorban.

Kita jadi malu karena teman2 Pontianak sampai bawa makanan seabreg, seperti : Kwecap, bingke, sampai makanan kesukaan waktu kecil Tehie, dll. juga dibawa. Pada ingat masa kecil lagi. Tua Hia sampai bilang nanti kalau kita ke Pontianak harus bawa lebih banyak makan lagi. Nah nu……….bisa gak?

 

n_a9         n_a11

Terus San San yang baru pulang dari Singapur lewat Batam juga bawa makan berupa dendeng Singapur, ha……Alie membawa tentengan DVD dari perayaan Capgohme dan Reuni 18-19/November 2007. Dari tampilan DVD tersebut yang bisa membuat seluruh kota Pontianak dipenuhi manusia dan Naga dan perlombaan kompetisi Naga, saya lihat Kota Pontianak menjadi target parawisata sepanjang Sincia sampai Capgomeh.

Terima kasih Alie telah membantu menampilkan secara visual kepada kita semuanya. Terus tentang tampilan DVD dari Reuni+ di Ancol saya terus terang merasa banyak yang disensor, justru itulah yang menyebabkan saya minta terus untuk di berikan yang asli. Eh ternyata Alie telah mengalah kepada mereka. Tapi katanya Alie akan memberikan kepada saya secara pribadi, jadilah ‘unreleased’ copy. Ya itu untuk pelipur lara…..tidak untuk dikonsumsi umum. Hasil karya sendiri…….

 

n_a10           n_a

Saya lihat Akwang dan Alie memang karena dijemput paksa sama Phakcuiphue jadi kelihat agak cape dan rusuh, maka itu kita mesti belajar, mungkin lain kali harus diberi waktu dikit untuk refreshing body and soul kata RH. Biar kita tambah semagat ke Jakarta.

Yang tidak bisa dilupakan adalah Alie tetap menenteng Leng chiu untuk kita, katanya ini bisa memberi hokie, ya baiklah kita simpan dan tunggu hokkie nya, mungkin Alie bisa membantu kita teru dengan shooting dan sentuhan jarinya yang sungguh mempesona.

Pak Ketua telah mempersiapkan sebagian besar makanan yang diinginkan Tanghak, seperti CCP, Coipan, Rujak Sambas dan bayangkan sampai jam 6 baru beranjak pulang semuanya. Benar untuk pertemuan berikutnya sudah harus disediakan tempat yang lebih memadai, benar2 clouded n ramai banget. Jadi untuk foto bersama mungkin udah ngak ada tempat.

Dalam kata sambutan pak Ketua mengucapkan banyak terima kasih sama Tanghak dari Pontianak yang begitu setia untuk datang ke Jakarta untuk bertemu dan membawa oleh2, kita kamsia banget sama kalian. Tuahia juga dengan nada emosionel mengungkapkan bagaimana dia menghargai kebersamaan kita terhadap yang lain dan kita mungkin akan belajar dalam mendewasakan diri menanggapi setiap persoalan, tak ada yang sanggup mematahkan kerukunan kita.

 

524864_387816771264006_100001070605689_1066278_841521470_n           n_a1

Asang juga menyampaikan pesan tadi pagi2 menelpon untuk menyampaikan Afenko yang tidak bisa datang untuk berdengan kita, tapi hatinya tetap ada ditengah2 kita, terimakasih atas pesannya, kita juga tetap sehati meskipun dikau jau disana.

Disitu juga panitia menyediakan VCD dari reuni akbar dulu yang mungkin kurang bagus hasilnya dan juga buku reuni hasil karya Suniarti dkk. Jadi Panitia tetap memberikan yang terbaik. Mengenai isi memang menurut saya agak kurang systematik dan rasanya lompat2 sehingga bagi yang kurang mendalami agak kesulitan mengikutinya dan berasa ada dan banyak sensor/dihilangkan jadi seakan ada hal2 yang seperti kurang interkonected dan semuanya terasa ada mukjijat bisa datang semuanya secara otomatis.

Tapi itu kan sudah terjadi dan dicetak dan menurut dewan redaksi sudah minta maaf bahwa ada yang terpaksa dihilangkan mungkin gaya bahasan yang kurang pas dan kurang profesional dalam penulisan atau ada pembatasan halaman untuk menekan biaya percetakan, anyways sudah terjadi dan kita harus terima apa adanya dan terima kasih

kepada Suniarti dkk. dan redaksi yang telah bekerja keras menuangkan pikirannya sehingga buku ini bisa dicetak dan dibagikan kepada kita untuk disimpan untuk anak cucu kita.

Dalam akhir pertemuan saya diminta Pak Ketua m untuk berdoa, yang sepanjang pertemuan hampir terlupakan, karena saya terus terang tidak tahu bagaimana harus memulainya, karena datang pada saat yang tidak bersamaan. Saya merasakan saat yang paling khusuk dan saya merasakan semua begitu tenang dan diam  sehingga saya se akan berdoa/ berbicara sendirian dengan Sang Pencipta. Begitulah kita mendapatkan ketenangan baik Jasmani maupun Rohani…

Fazit:
Sebagai kesimpulan dari pertemuan kemarin memang rasanya perlu ada persiapan khusus untuk pertemuan2 mendatang karena kelihatnya peminatnya semakin banyak dan harus ada persiapan2 khusus diwaktu mendatang dan diharapkan dimasa yang akan datang kita tidak hanya menghabiskan waktu untuk membicarakan hal2 yang tidak prinsipiil sehingga energie banyak terkuras disitu. Lebih baik kita persiapkan program apa yang ingin dicapai. Terus tempat juga harus dipikirkan matang2 juga perlu melibatkan keluarga supaya jangan sampai ada penolakan karena ada prasangka2 yang kurang baik. Memang pertemuan ini suidah tertunda 5 bulan sehingga sudah pada merindukan untuk bertemu. Bagaimana tuch kalau sampai 4 tahun baru ketemu.

Maaf kalau ada yang terlupakan dalam penulisan ini.

Kita juga berterima kasih kepada teman2 diJakarta yang begitu antusias untuk datang ke pertemuan kali ini dan tidak wajah2 baru dari pertemuan selama ini, tetapi hanya tambah lengkap saja. Tuhan membalas apapun yang telah engkau berikan baik materi maupun rohani…..and God bless you all, even for the Event Orgnizer.

Bony

Catatan:
Akwang sebelum naik pesawat sempat meninggalkan pesan untuk teman2 jam 12.56: Hello tanghak semuanya:) sy, San2 dan lukito…Udah dalam pesawat menuju ptk:) terima kasih atas sambutan yang hangat, makan siang bersamabersama dirumah Ketua rusminto…Yang luar biasa:) sampai ketemu:) semoga semua sehat:-)-thks. Thanks Akwang atas SMS nya semoga Tuhan memberkati usahamu……

Alie masih ada keperluan ‘Bisnis’?nya dengan teman2 yang menunggunya di Rusminto…..viva voyage…….God bless you anyways….semoga tambah maju terus usahanya. Jangan lupa kita………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: